Teknik Cara Mencuci Mobil | Hanif Web

You are here: Homepage » Otomotif » Cara Mencuci Mobil di Rumah

Cara Mencuci Mobil di Rumah

December 7th, 2008 1 Comment

Mencuci mobil di rumah adalah pilihan utama bagi yang menghemat pengeluaran ekstra untuk mobil, perlu teknik atau cara mencuci mobil di rumah yang tepat agar hasilnya tak jauh dari hasil mencuci mobil di automated car washes.

Kondisi mobil mencerminkan kondisi pemiliknya, bisa dilihat bagaiman karakter seseorang yang mobilnya dekil tak terawat. Lebih dari sekedar terlihat kinclong, mobil yang dibersihakan secara teratuir akan terhindar dari “pembusukan” sebelum waktunya. Paling enak memang mengguanakn jasa automated car washes, tetapi untuk itu dibutuhkan biaya ekstra.

Disamping itu kalau salah pilih jasa mencuci mobil, malah bisa-bisa finish cat akan tergores lapisan wax. Sekali saja lapisan finish rusak atau terkelupas, body akan mudah korosi

Karena itu, mencuci mobil sendiri dirumah adalah langkah terbaik. Baik, mari kita mulai!

Pertama, Gunakan selalu lap katun yang bersih dan lembut. Bisa juga memakai sarung tangan yang dibuat khusus untuk mencuci mobil. Menggunakan lap sembarangan ketika mencuci atau mengeringkan mobil akan menggores permukaan. Parkirlah mobil ditempat teduh dan landai agar air cuci lebih cepat mengalir dan mobil cepat kering.

Mulailah dengan mencuci velg. Cairan pembersih bekerja lebih baik pada permukaan yang kering. Semprotkan cairan pembersih seperti petunjuk pemakaian. Bila kotoran masih menempel, gosoklah dengan sikat lembut dengan tidak terlalu keras.

Cara mencuci body yakni dengan menyiram seluruh permukaanya dari atas ke bawah. Lebih baik menggunakan penyemprot air berbentuk pistol yang bisa di atur daya semprotnya. Jangan terlau kencang menyemprot karena justru akan mendorong kotoran masuk dalam lapisan finish.

Jangan lupa membersihkan bagian kolong dan sela-sela velg. Kalau masih ada kotoran yang tersisa gunakan pre-cleaning solution. Tuangkan cairan pada lap dan gosokkan pada kotoran yang menempel. Kotoran yang membandel bisa digosok agak keras. Hati-hati, bila terlau keras menggosok velg bisa rusak.

Anda wajib menggunakan deterjen khusus untuk mobil. Ikuti petunjuk pemakaian dan perbandingan deterjen dengan air

Untuk mengeringkan mobil, gunakan lap katun yang bersih dan kering atau chamois sintetis. Letakkan lap ke permukaan yang dikeringkan. Diamkan beberapa saat agar lap atau chamois menyerap air. Ganti lap lain dan lakukan cara seperti di atas untuk menyerap air yang tersisa. Jangan mengeringkan permukaan dengan cara megusap. Lakukan cara seperti itu hingga seluruh permukaan kering. Bukalah pintu-pintu, kap mesin dan bagasi untuk menghilangkan air yang menetes ke dalam. Selamat mencuci mobil!

Daftar updet via email GRATIS

Ingin mendapatkan updet artikel terbaru Hanif Blog lebih dahulu dari yang lain? Daftar saja disini:

Jangan lupa konfirmasi pendaftaran di emailmu

One Response to “Cara Mencuci Mobil di Rumah”

  1. gunawan says:

    mau nanya dong,
    1. jenis lapnya yang bagus merk apa untuk mencuci baik mulai mencuci atau sampai selesai mencuci mobil.
    2. detergennya yang merek apa?
    3. juga untuk mempertahankan kinclong mobil bagaimana caranya?
    4. sebaiknya berapa hari sekali mengkinclongkan mobil ?
    tks
    wass
    gun

 

Leave a Reply to this Post

DMCA.com
Design Tricks-Collections