Ikuti Himbauan KPK, Gubernur Jatim Larang Mobil Dinas Untuk Mudik - Hanif Web | Hanif Web

You are here: Homepage » Berita » Ikuti Himbauan KPK, Gubernur Jatim Larang Mobil Dinas Untuk Mudik

Ikuti Himbauan KPK, Gubernur Jatim Larang Mobil Dinas Untuk Mudik

August 3rd, 2013 0 Comments

Gubernur Jawa Timur melarang penggunaan mobil dinas untuk mudik lebaran Idul Fitri 1434 H. Larangan tersebut untuk menindaklanjuti imbauan dari KPK bahwa mudik menggunakan mobil dinas masuk kategori korupsi.

“Ini bukan imbauan, tapi larangan. Termasuk larangan dari KPK,” ujar Gubernur Jawa Timur Soekarwo kepada wartawan di sela acara buka puasa bersama keluarga besar PWI Jawa Timur serta pemberian santunan kepada anak yatim dan kaum dhuafa, di Gedung PWI Jatim, Jalan Taman Apsari, Jumat (2/8/2013).

Untuk mengawasi pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemprov Jawa Timur yang mudik menggunakan fasilitas mobil plat merah atau dinas, gubernur yang biasa disapa Pakde Karwo ini menyerahkan sepenuhnya ke inspektorat Pemprov Jatim.

Penggunaan mobil plat merah oleh PNS untuk mudik lebaran menurut Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas masuk dalam kategori korupsi.

Himbauan Larangan Penggunaan Mobil Dinas Untuk Mudik Lebaran oleh KPK

Berikut beberapa imbauan yang dikeluarkan oleh KPK :

1. KPK mengimbau pegawai negeri dan penyelenggara negara tidak menerima parsel atau hadiah dari pihak manapun.

2. Pegawai negeri dilarang meminta parsel, hadiah, atau fasilitas lain dari pihak swasta, termasuk meminta THR dari perusahaan rekanan.

3. Aset-aset negara tidak boleh digunakan untuk kepentingan pribadi, seperti penggunaan mobil dinas untuk mudik.

4. Unit kendali gratifikasi yang ada di masing-masing instansi untuk melaporkan apabila ada pemberian selambat-lambatnya 30 hari.

5. Bagi pegawai negeri sipil dan penyelenggara negara yang mendapatkan hadiah, parsel, THR atau fasilitas lain dari pihak swasta untuk langsung melaporkan kepada bagian gratifikasi KPK selambat-lambatnya 30 hari setelah penerimaan.

Bupati Pasuruan Membolehkan Mobil Dinas untuk Mudik dengan Berbagai Syarat

Namun, Bupati Pasuruan mengabaikan imbauan itu dan tetap mengizinkan PNS membawa mobil dinas (mobdin) untuk mudik.

“Iya, saya menyampaikan atas izin bupati, karena nanti ada batasan-batasan yang harus dipenuhi. Jadi tidak otomatis boleh dipergunakan untuk mudik,” kata Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, Rabu (31/7/2013).

Meski begitu, jelas Irsyad, penggunaan mobdin untuk mudik harus melalui izin bupati sebagai orang yang bertanggungjawab atas aset negara di daerahnya.

“Kita mengimbau, sebagaimana ketentuan mobil dinas harus diperuntukkan untuk keperluan dinas, saya menghimbau untuk mudik menggunakan mobil pribadi, kalau mereka punya mobil pribadi,” ungkap Irsyad yang juga adik kandung Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf.

Namun bagi mereka yang tidak memiliki kendaraan pribadi, Irsyad memperbolahkan PNS mudik menggunakan mobdin dengan syarat dan ketentuan tertentu.

“Ya (diperbolehkan) tapi atas seizin bupati. Dan mereka harus mengajukan izin pada bupati karena tangungjawabnya bupati,” tandas Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf.

Syarat dan ketentuan yang dimaksud yakni mobdin yang digunakan mudik tidak boleh berganti plat dari merah menjadi hitam, biaya BBM dan perawatan selama mudik harus ditanggung yang bersangkutan serta setiap kerusakan menjadi tanggungjawab PNS yang mudik pakai mobdin. “Kalau melanggar ketentuan akan kita beri sanksi tegas,” ujar Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf.

Pada tahun 2013 pemerintah mebuka kurang lebih 60 ribu lowongan CPNS yang tersebar di berbagai kementrian, lembaga pemerintah pusat dan pemerintah-pemerintah daerah. Menurut informasi sementara tahapan tes CPNS akan dimulai ada pengumuman sekitar bulan Oktober 2013 ini.

Bagi anda yang mau mengikuti tes CPNS, tidak salahnya berlatih dengan Soal Latihan CPNS dan Soal Psikotes, yang berminat silahkan download soal latihan CPNS dan soal psikotes ini.

Sumber hxxp://m.detik.com

Daftar updet via email GRATIS

Ingin mendapatkan updet artikel terbaru Hanif Blog lebih dahulu dari yang lain? Daftar saja disini:

Jangan lupa konfirmasi pendaftaran di emailmu

Leave a Reply to this Post

DMCA.com
Design Tricks-Collections