Jamur Tiram Kaya Gizi dan Kaya Manfaat Untuk Kesehatan - Hanif Web | Hanif Web

You are here: Homepage » Buah dan Sayur » Jamur Tiram Kaya Gizi dan Kaya Manfaat Untuk Kesehatan

Jamur Tiram Kaya Gizi dan Kaya Manfaat Untuk Kesehatan

August 16th, 2013 0 Comments

Jamur tiram yang memiliki nama latin Pleurotus ostreatus kaya nilai gizi dan kaya manfaat untuk kesehatan. Gizi dalam jamur tiram antara lain berbagai macam asam amino essensial, vitamin, kaya mineral dan rendah lemak. Jamur tiram juga bermanfaat bagi kesehatan sebagai penurun kolesterol, kaya serat, anti-bakterial, anti-viral, anti-tumor dan memperkuat fungsi hepar.

 

Jamur Tiram Kaya Gizi dan Kaya Manfaat Untuk Kesehatan

Jamur Tiram Kaya Gizi dan Kaya Manfaat Untuk Kesehatan

Manfaat Jamur Tiram Dalam Kilasan Sejarah

Jamur tiram sudah dikenal manfaat dan nilai gizinya oleh manusia sejak ribuan tahaun lalu. Sehingga tidak heran dalam sejarah jamur merupakan makanan yang istimewa.

Banyak orang memperlakukkan jamur sebagai bahan makanan menakutkan. Dalam sejarah, jamur pemah dipandang sebagai racun hebat dan mematikan. Kaisar Caludius pada 54 Masehi mangkat terkena racun dari jamur yang diberikan istrinya Agrippina, sedangkan Paus Clement Vll bernasib sama pada 1534 Masehi.

Namun, selain menakutkan, jamur juga dipandang sebagai makanan bernilai tinggi. Penguasa tertinggi Mesir Kuno, Para Pharao atau Fir’aun, menganggap jamur sebagai “MAKANAN PARA DEWA” sehinggajenis makanan ini terlarang bagi rakyat biasa.

Orang-orang Romawi percaya jamur memberikan kekuatan sehingga mereka menjadikannya sebagai bagian dari menu makanan tentara, sedangkan orang-orang China memandang jamur sebagai makanan yang baik dan bermanfaat untuk kesehatan.

Berdebat mengenai rasa jamur bisa berkepanjangan. namun untuk nilai gizi sejumlah peneliti ilmiah menunjukan jamur punya keunggulan dibandingkan bahan makanan lain dari tumbuhan dan hewan. Jamur bukan hanya memiliki nilai gizi tapi juga punya sejumlah efek positif untuk kesehatan. Kandungan mineral dan karbohidrat pada jamur sangat  tinggi serta punya beragam karakter dan khasiat.

Sejak ratusan tahun yang Ialu jamur sdh menjadi makanan istimewa bagi sekelompok orang. Bukan saja karena kelezatan dan nilai gizinya yang tinggi, tapi juga karena bermanfaat sebagai obat. Orang Indian Meksiko menggunakan jamur untuk menciptakan halusinasi dalam upaya ritual.

 

Kandungan Gizi Jamur Tiram

Jamur tiram kaya akan asam amino esensial. Asam amino Essensial adalah asam amino yang dibutuhkan tubuh tetapi tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga satu-satunya cara penyerapanya adalah melalui asupan makanan.

Dari jenis 20 asam amino esensial, jamur tiram mengandung 9 jenis asam amino esensial antara lain lysine, theonin, valin, leusin, isoleusin, histidin, fenilalanin, methionin dan trypthofan.

Jamur tiram juga kaya akan vitamin thiamin, niasin, biotin, ribovlafin.  Sedangkan untuk mineralnya  jamur tiram mengandung  Kalium, Pospor, Ferrum, Calsium, Natrium, Magnesium, Cuprom.

 

Manfaat Jamur Tiram Untuk Kesehatan

Dengan kandungan gizi yang kaya tersebut, jamur tiram adalah makanan yang layak dikonsumsi karena bermanfaat untuk kesehatan, meningkatkan imunitas tubuh dan menurunkan kolesterol. Manfaat lain yang terkandung dalam jamur tiram antara lain menurunkan berat badan karena banyak mengandung serat, memperkuat fungsi hati atau lever sehingga baik dikonsumsi untuk mencegah ataupun membantu mengobati berbagai penyakit gangguan hati (penyakit lever). Jamur tiram juga bermanfaat  sebagai sebagai anti-bakterial,anti-viral dan anti-tumor.

Jadi kesimpulanya, sangat banyak sekali manfaat jamur tiram mulai dari kandungan gizinya yang kaya maupun manfaat untuk kesehatan.

*berbagai sumber

Daftar updet via email GRATIS

Ingin mendapatkan updet artikel terbaru Hanif Blog lebih dahulu dari yang lain? Daftar saja disini:

Jangan lupa konfirmasi pendaftaran di emailmu

Leave a Reply to this Post

DMCA.com
Design Tricks-Collections