Puasa Benar dan Tepat, Puasa Sehat Penuh Manfaat - Hanif Web | Hanif Web

You are here: Homepage » Kesehatan » Puasa Benar dan Tepat, Puasa Sehat Penuh Manfaat

Puasa Benar dan Tepat, Puasa Sehat Penuh Manfaat

December 9th, 2015 0 Comments

Sejak dahulu beginilah Islam, manfaatnya tiada akhir (dr. Egha Ramadhani)

Ibarat manusia adalah alat atau mesin, maka Al-Qur’an adalah buku manual bagi manusia, yang penerapanya sudah di contohkan semasa Nabi SAW. Maka mengikuti seluruh petunjuk buku manual dan contoh penerapanya dengan tepat dan benar akan menjadikan manusia mulia, sehat dan sejahtera.

Hal ini juga berlaku dalam urusan kesehatan, maka hampir semua ibadah dalam islam sejatinya memberikan manfaat untuk kesehatan jasmani bila dijalani dengan tepat dan benar. Adalah suatu riwayat pada zaman Nabi SAW ada tabib yang ‘tidak laku’ praktik di Madinah karena masyarakat Islam mayoritas sehat. Salah satu bentuk ibadah yang sudah banyak di teliti dan diakui manfaatnya untuk kesehatan adalah puasa.

right

Survey Sosial Ekonomi Nasional 2004 menunjukkan peningkatan gaya hidup tidak sehat pada masyarakat Indonesia yaitu kebiasaan merokok, obesitas, diet kurang serat, peningkatan konsumsi makanan tinggi kalori dan tinggi lemak hewani. Semua kondisi tersebut merupakan factor resiko terhadap jantung koroner, stroke dan diabetes. Tentu ini adalah kondisi yang tidak kita inginkan, maka ibadah puasa adalah salah satu sarana memperbaiki gaya hidup tidak sehat dan mencegah terjadinya penyakit degenerative tersebut.

Selama puasa terjadi pengurangan asupan nutrisi, asupan karbohidrat dan lemakpun berkurang. Berkurangnya asupan lemak akan tururt serta menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida di dalam darah, kadar kolesterol jahat (LDL) juga akan berkurang. Peningkatan ketiga komponen tersebut dalam waktu yang lama dapat memicu terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke.

Sebuah studi oleh Teheran University of Medical Sciences menunjukan meskipun terjadi penurunan signifikan dalam frekuensi makan, didapatkan peningkatan yang signifikan kadar kolesterol baik (HDL) dan penurunan LDL didapat pada bulan Ramadhan. Hal ini dapat dicapai tentu saja dengan tetap memperhatikan pilihan asupan makanan yang sehat selama berbuka dan makan sahur.

Untuk memenuhi kebutuhan energy selama puasa, tubuh akan menggunakan cadangan lemak, sehingga cadangan akan berkurang dan resiko obesitas atau kegemukan berkurang.

Puasa juga mengajarkan pola makan yang teratur, pola makan teratur dan piliha asupan tepat akan mengurangi resiko penyakit diabetes. Sebaliknya, pola makan tidak teratur dan tinggi karbohidrat akan memicu fluktuasi kadar gula darah yang tidak teratur pula. Fluktuasi yang tidak teratur ini akan membuat kerja produksi insulin oleh sel beta pancreas ‘cepat lelah’ atau berkurang fungsinya, sehingga terjadi peningkatan resiko diabetes di usia muda.

Ketika berbuka, sebaiknya makan makanan manis tetapi dalam jumlah dibatasi, sebagaimana Nabi S.A.W pun mencontohkan berbuka puasa dengan dua butir kurma dan air. Makanan manis pada umunya memiliki glicemics index (GI) tinggi, artinya cepat diserap tubuh dan menigkatkan kadar gula darah tetapi cepat turun pula. Hal ini akan cepat mengembalikan energy setelah puasa tetapi tidak membebani sel pancreas karena jumlahnya asupan tidak terlalu banyak. Kurang lebih satu jam berikutnya baru kita mulai makan utama, tentunya dengan porsi cukup dan bukan ‘balas dendam’ setelah berpuasa seharian.

Ketika sahur, makanlah lebih banyak protein, cukup lemak serta makanan tinggi serat seperti sayur dan buah. Makanan tersebut lebih lama dicerna tubuh sehingga akan memberikan rasa kenyang lebih lama serta memeiliki glicemics index (GI) rendah, yang artinya tidak cepat menaikan kadar gula darah dan tidak cepat turun pula. Sehingga stamina selama berpuasa akan terjaga.

Selamat ber-Islam, selamat meraih manfaat dari setiap aktifitas ibadahnya.

Daftar updet via email GRATIS

Ingin mendapatkan updet artikel terbaru Hanif Blog lebih dahulu dari yang lain? Daftar saja disini:

Jangan lupa konfirmasi pendaftaran di emailmu

Leave a Reply to this Post

DMCA.com
Design Tricks-Collections